Home Agro & Budidaya Konservasi Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

96
0
Terumbu Karang yang cantik – Foto by Jan Mallander
Manfaat Terumbu Karang Secara Sosial | Berikut ini merupakan beberapa manfaat terumbu karang secara sosial, antara lain:
Penunjang Kegiatan Pendidikan dan Penelitian | Dalam hal kegiatan pendidikan dan penelitian, tentunya terumbu karang sangatlah penting. Manfaat terumbu karang yaitu sebagai bahan penelitian dan pelajaran agar bisa mengenal lebih banyak ekosistem laut, ekosistem pesisir, mengenal tumbuhan dan hewan laut, dan mengenal biota laut lainnya.
Hal ini sangat bermanfaat bagi manusia sebagai bahan pengetahuan agar bisa menentukan tindakan pengelolaan dan pelestarian yang baik terhadap terumbu karang. Sehingga nantinya dapat mencegah kerusakan dan mengatasi kerusakan terumbu karang yang terjadi.
Sarana Rekreasi Masyarakat | Selain memiliki manfaat, terumbu karang yang tumbuh di dasar laut juga memiliki bentuk-bentuk yang unik, sehingga memunculkan keindahan tersendiri. Terumbu karang dengan keindahan yang dimilikinya dapat kita nikmati dan jadikan sebagai sarana rekreasi oleh masyarakat luas.
Manfaat Terumbu Karang Secara Ekonomi | Ini merupakan salah satu manfaat terumbu karang yang manfaatnya secara langsung dimanfaatkan oleh manusia. Apa saja manfaat terumbu karangnya? ini dia;
Sumber Makanan | Seperti yang kita ketahui bahwa terumbu karang menjadi tempat hidup sekaligus berkembang biak berbagai biota laut. Kemudian biota laut tersebut dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber makanan. Seperti misalnya udang, kepiting, dan berbagai jenis ikan lainnya, juga rumput laut yang dijadikan agar-agar.
Bahan Dasar Pembuatan Obat dan Kosmetik | Berbagai jenis algae yang tumbuh di laut sering dimanfaatkan untuk pembuatan kosmetik dan bahan pembungkus kapsul obat. Selain algae, berbagai jenis hewan laut yang lain pun diketahui mempunyai senyawa kimia yang bermanfaat sebagai bahan antibiotik, anti kanker, dan anti radang.
Sebagai Objek Wisata | Keindahan yang dimiliki ekosistem terumbu karang membuat hati kita tertuju padanya untuk sekedar melihatnya. Banyak kawasan terumbu karang yang dijadikan untuk lokasi snorkeling, menyelam, dan taman laut.
Sumber Mata Pencaharian | Sedikitnya ada dua sumber mata pencaharian dari manfaat terumbu karang untuk masyarakat sekitar. Pertama, masyarakat bisa menjadi seorang nelayan, petani rumput laut, dan sebagainya sehingga bisa menghasilkan dan mendongkrak ekonominya.
Kedua, pengelolaan terumbu karang yang baik akan mudah menjadikan terumbu karang sebagai objek wisata. Hal ini dapat menciptakan berbagai lapangan pekerjaan bagi masyarakat, seperti halnya jadi pemandu wisata, menyewakan penginapan, menyewakan kapal, warung makan dan oleh-oleh, serta pekerjaan-pekerjaan lainnya.
Sumber Bibit Budidaya | Berbagai jenis biota laut yang hidup di terumbu karang seperti ikan, rumput laut, dan teripang bisa dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya. Hal ini juga sebagai bentuk pelestarian agar nantinya akan lebih banyak lagi biota laut yang hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here