Home Material Penanganan Perawatan Kaca Luar Gedung

Penanganan Perawatan Kaca Luar Gedung

520
0
Photo : Denton Corker Marshal
Gedung Kemen PUPR – Foto : whatnewsindonesia
Forpronews – Perawatan sisi luar dari gedung yang kebanyakan terdiri dari kaca, adalah untuk menjaga penampilan estetika gedung dan juga menjaga kebersihannya, hal ini tentunya akan dapat menimbulkan rasa nyaman dan membuat mereka yang didalam gedung akan merasakan aura energi positif karena sinar matahari yang masuk kedalam ruangan.
Saat ini hampir sebagian besar bangunan gedung menggunakan kaca pada sisi luarnya, dan kebanyakan pasti menggunakan kaca yang berwarna, warna kehijauan atau kebiruan merupakan warna favorit yang paling banyak dipilih.
Kaca dibuat dari bahan yang bersifat cair, namun memiliki kepadatan tinggi dan struktur amorf. Terbuat dari bahan silica (SiO2), campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan titik leleh yang tidak terlalu tinggi dan kemudian dicampur lagi dengan bahan stabilisator supaya kuat.
Yang sering digunakan pad bangunan ada beberapa jenis yaitu :
  1. Kaca Bening atau float glass adalah kaca yang paling umum digunakan untuk kaca pintu, jendela, partisi kamar mandi.
  2. Kaca Reflektif adalah kaca yang diberi lapisan oksida sehingga dapat bersifat one way, sehingga bila dipasang sebagai partisi, maka sisi dalam yang lebih gelap dapat melihat keluar dengan jelas, namun sebaliknya dari sisi luar tidak dapat melihat kesisi dalam rumah. Banyak digunakan pada sisi dalam, untuk partisi menghadap kebun atau sinar matahari.
  3. Kaca Rayban atau tinted glass adalah kaca yang diberi lapisan logam beberapa lapis dan pewarna, sehingga menjadi lebih gelap, mengurangi tembus pandang, mampu menolak sinar matahari hingga 55%.
  4. Kaca Es atau kaca yang bersifat tidak tembus pandang, ada yang memilik tekstur ada yang polos bernada frost. dapat memberikan penampilan yang beda dari sisi arsitektur ruangan.
  5. Kaca Tempered atau tempered glass adalah kaca biasa yang dipanaskan pada suhu tertentu mendekati titik leleh dan dibentuk sesuai dengan kebutuhan, kemudian setelah itu didinginkan dengan cepat. Kaca ini memiliki kekuatan 3-5 kali lipat dibanding sebelum dipanaskan, dan bila pecah akan membentuk seperti kristal kecil-kecil. Kaca jenis ini tahan terhadap angin, benturan, tekanan air dan perubahan temperatur yang tinggi (thermal shock). Banyak digunakan sebagai railing balkon, tangga, kanopi, pintu dll.
  6. Kaca Laminasi atau laminated glass adalah kaca yang diberikan lapisan polyvynil yang berfungsi untuk menahan kaca bila terjadi kaca pecah maka kaca tidak akan berhamburan. Kaca jenis ini adalah kaca yang paling kuat dibandingkan dengan semua jenis kaca lainnya diatas. Banyak digunakan pada sisi balkoni, skylight. Kaca jenis ini juga digunakan pada bus dan kereta api.
  7. Kaca Blok atau Glass Block adalah partisi kaca persegi yang tebal dimana saat ini banyak digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan ruang lain yang memerlukan penerangan alami dan tidak perlu diberikan pengaman tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here