Home Pariwisata Extreme Sport 16 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai seru di Sulawesi

16 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai seru di Sulawesi

63
0
Rafting di Sungai Ciwidey – Foto PalayanganRiver.com
Forpronews | Berikut ini daftar Sungai di Pulau Sulawesi yang bisa digunakan untuk kegiatan arung jeram atau rafting dan beberapa hal yang harus diperhatikan adalah persyaratan yang harus diperhatikan khususnya untuk Pemula, agar bisa mengikuti petunjuk dan arahan dari Pemandu, agar kegiatan bisa berjalan dengan benar, aman dan selamat semuanya.
Beberapa petunjuk dan informasi awal sebagai panduan sebelum melakukan rafting bisa dibaca di link disini.
Sungai Tolinggula di Desa Papualangi, Kec. Tolinggula, Kab. Gorontalo Utara. Rafting yang telah diresmikan sejak 2018 ini memiliki lintasan total sepanjang 6Km, yang terbagi menjadi 3 segmen dengan masing-masing durasi sekitar 1,5 jam. Untuk kategori Pemula ada di Rute 1, sedangkan untuk Rute 2 dan 3 dengan tantangan sedang dan ekstrim yang sangat menantang adrenalin. Saat paling cocok untuk rafting pada saat musim penghujan dan rafting mulai dari jam 08.00-12.00.
Obyek wisata lainnya adalah air terjun, wisata kebun aneka buah, dan spot foto serta kolam pemandian anak di lokasi Papualangi Hill. Ingin yang lebih unik silahkan mengunjungi Pulau Dionumo dan Pulau Saronde yang eksotis dan pasti akn mengesankan liburan Anda.
Sungai Tondano di Desa Sawangan, Kec. Airmadidi, Kab. Minahasa Utara. Arus sungai yang deras dengan 12 titik jeram dengan titik kesulitan masing-masing jeram yang berbeda. Rute 1 dari PLTA Tanggari ke Jembatan Sampridan dengan jarak 5Km Grade 3, rute disini memiliki tantangan jeram bersambung yang mampu memicu adrenalin para peserta.
Rute 2 dari Sulenco (Nama Kontraktor) menuju Jembatan Kuwil dengan jarak 8Km/1-1,5jam Grade 2-3, total jalur lebih dari 15Km bila finish di Manado. Referensi Operator Ruruwawa Rafting Club 082188491122 – 082259107027 – 081241580511, Desa Wisata Sawangan 082291742296
Obyek wisata lain di Desa Sawangan sebagai Cagar Budaya dan tertua di Minahasa Utara, adalah Taman Purbakala Waruga Sawangan yaitu makam era megalitik yg diresmikan sejak 1978. Cagar Budaya Goa Jepang. Rumah Kayu peninggalan Belanda.
Sungai Nimanga di Desa Timbukar, Kec Sonder, Kab. Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Sungai sepanjang 45 Kilometer ini memiliki tingkat kesulitan Grade 3 hingga Grade 5, terdapat jeram dengan ketinggian 4 meter yang dikenal sebagai Jeram “Good Bye”, karena bila arusnya sedang sangat deras, maka perahu akan terbalik dan tim akan terseret arus deras hingga sekitar 30 meter sampai lokasi dengan kondisi air agak tenang untuk bisa naik keatas perahu kembali.
Durasi tempuh sekitar 1 jam 40 menit, terdapat 2 pilihan paket dengan jarak tempuh 6,5 Kilometer, 8 Kilometer dan 12 Kilometer/2,5jam. Salah satu tempat Rafting Terbaik di Indonesia. Bila beruntung, bisa menyaksikan hewan liar Tarsius dan aneka jenis burung. Referensi Operator Waraney Rafting 08124494039. Manado Rafting.
Ilustrasi Rafting di Sungai – Foto Kompasiana.
Sungai Ranoyapo di Desa Ranoyapo, Kec. Ranoyapo, Kab. Minahasa Selatan. Sungai terpanjang di Kab. Minahasa Selatan ini memiliki arus yang deras dengan jeram-jeram yang mampu memicu adrenalin kita. Sungai yang airnya mengalir hingga ratusan kilometer ini dikenal memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi sehingga banyak membuat para pecinta arung jeram penasaran ingin menjajal tantangan yang memicu adrenalin. Referensi Operator Minsel Rafting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here