Home Nasional Sang Profesor Pisang dari Jogyakarta

Sang Profesor Pisang dari Jogyakarta

729
0
Foto : Youtube
Forpronews – Budidaya pisang yang merupakan buah tropis yang sangat populer dan menjanjikan prospek yang sangat cerah. Pisang (Musa sp.) di Indonesia memiliki keanekaragaman banyak varietas pisang. Apalagi sekarang jumlah permintaan akan buah pisang di pulau Jawa semakin hari semakin meningkat setiap tahun.
Pisang yang merupakan tanaman khas daerah tropis ini, bisa juga ditanam pada lahan daerah subtropis atau pegunungan, karena tanaman pisang bisa beradaptasi pada cuaca yang cukup dingin. Tanaman ini bisa bertahan hidup pada daerah yang kekurangan air, karena pisang bisa menyuplai air dari batang yang memiliki kandungan air yang tinggi, namun konsekuensinya pertumbuhannya menjadi tidak maksimal.
Dapat tumbuh dengan baik mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Curah hujan yang diinginkan tanaman ini sektar 1500 sampai 2500 mm per tahun dengan temperatur 15-35°C.
Tanaman pisang bisa tumbuh hampir diatas semua jenis tanah. Namun jenis tanah yang paling cocok adalah tanah yang bertekstur liat seperti aluvial, yang banyak mengandung kalsium dan bahan organik. Tanaman pisang bisa tumbuh optimal pada kondisi tanah yang kaya unsur hara dan memiliki kandungan kapur atau tanah berat. Tanaman ini memiliki sifat rakus terhadap makanan, sehingga perlu mempersiapkan lahan yang memiliki unsur hara yang tinggi.
Pisang secara alami bebas lemak, kolesterol dan natrium. Dan kandungan nutriri nya bisa dilihat di tabel dibawah ini

Makronutrien utama yang terkandung dalam pisang adalah karbohidrat, seperti pada kebanyakan buah lainnya. Sifat karbohidrat berubah selama pematangan. Kandungan pati pisang mentah berkisar antara 70% dan 80%; selama proses pematangan, kandungan pati berkurang hingga kurang dari 1% karena diubah menjadi gula. Gula dalam pisang adalah fruktosa, sukrosa dan glukosa, dan ketika buahnya matang, gula dapat mencapai 16% berat pisang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here