Home Agro & Budidaya Konservasi Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

97
0
Manfaat Terumbu Karang – Foto iStockfoto
Manfaat Terumbu Karang | Membahas mengenai manfaat terumbu karang, terumbu karang tentu saja mempunyai banyak sekali manfaat. Di sekitar terumbu karang, banyak biota laut yang hidup bersimbiosis seperti kerang, siput, anemon laut, crustacea, penyu, alga dan juga ikan-ikan kecil.
Manfaat Terumbu karang tidak hanya bagi manusia saja, tetapi juga untuk ekosistim laut termasuk biota laut. Secara garis besar, manfaat terumbu karang itu dibagi tiga yaitu manfaat terumbu karang secara ekologi, manfaat terumbu karang secara sosial, dan manfaat terumbu karang secara ekonomi.
Agar bisa lebih jauh memahami manfaat terumbu karang, mari kita simak uraian berikut ini;
Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologi | Ekologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Manfaat terumbu karang secara ekologi artinya manfaat terumbu karang bagi makhluk hidup seperti biota laut, dan juga bagi sekitarnya yang termasuk daerah pesisir dan daratan.
Berikut ini akan dijelaskan manfaat terumbu karang secara ekologi: Terumbu karang menjadi penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup atau biota laut yang ada di sekitarnya. Hal ini menjadikan terumbu karang bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut.
Disini banyak ditemukan berbagai jenis biota laut yang tinggal, mencari makan, berlindung, dan berkembang biak. Maka dari itu, jika terjadi kerusakan pada terumbu karang, maka akan berpengaruh langsung kepada kelangsungan hidup dan kelestarian biota laut di sekitarnya.
Sebagai Sumber Keanekaragaman Hayati yang Tinggi | Terumbu karang merupakan sumber keanekaragaman hayati yang paling tinggi dibanding ekosistem laut lainnya. Tingginya keanekaragaman hayati yang berkembang didalamnya menjadikan terumbu karang ini sebagai sumber keanekaragaman genetik dan spesies yang ditemukan memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi. Dengan keanekaragaman spesies berarti akan semakin banyak jenis biota yang dapat dimanfaatkan didalamnya.
Pelindung Ekosistem di Sekitarnya (Pantai dan Pesisir) | Seperti halnya pada ekosistem fungsi hutan bakau yang melindungi pantai dan daerah pesisir dari ombak besar, manfaat terumbu karang juga sama yaitu dalam membantu memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan pantai.
Akhirnya ombak yang menuju ke daratan pun kecil dan tidak merusak pantai dan menyebabkan abrasi pantai dan kerusakan sekitarnya sehingga ekosistem di pantai pun dapat terlindungi dengan baik.
Mengurangi Penyebab Pemanasan Global | Seperti yang kita ketahui bahwa gas CO2 akan diserap oleh hutan (tumbuhan) dan diserap juga oleh air laut. Kemudian CO2 yang diserap oleh air laut akan diubah menjadi zat kapur melalui proses kimia.
Proses kimia yang terjadi ini dilakukan oleh karang dan dibantu zooxanthellae si tumbuhan bersel satu yang hidup di dalam jaringan tubuh karang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here