Home Pariwisata Extreme Sport 22 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai di Sumatera

22 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai di Sumatera

55
0
Rafting di Sungai Buaya Kab Deli Serdang Sumut – Foto Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
Forpronews | Berikut ini daftar Sungai di Pulau Sumatera yang bisa digunakan untuk kegiatan arung jeram atau rafting dan beberapa hal yang harus diperhatikan adalah persyaratan yang harus diperhatikan khususnya untuk Pemula, agar bisa mengikuti petunjuk dan arahan dari Pemandu, agar kegiatan bisa berjalan dengan benar, aman dan selamat semuanya.
Beberapa petunjuk dan informasi awal sebagai panduan sebelum melakukan rafting bisa dibaca di link disini.
Sungai Teunom atau Krueng Teunom di Cot Kuala, Kec. Mane, Kab. Pidie. Sungai yang airnya deras dan jernih ini berasal dari Sungai Geumpang, Sungai Sikuleh dan Sungai Tangse ini mengalir sepanjang 57Km ini melintas di 3 Kabupaten yaitu Pidie, Aceh Barat dan Aceh Jaya. Rafting dengan Grade 3+ hingga Grade 5+ ini memiliki medan yang bervariasi seperti high, walking, tracking hingga rock climbing dan hanya untuk para Profesional.
Bagi pecinta rafting selain membawa perlengkapan ban dan kemah sendiri, sebaiknya melakukan evaluasi dahulu, karena medan yang akan dilalui cukup ekstrim, start mulai dari Cot Kuala di Kec. Mane, Kab. Pidie menyaksikan pemandangan tebing bukit yang tinggi dan mempesona serta melewati air terjun Ceuraceu dengan ketinggian 50 meter yang bertingkat dan cantik mempesona hingga tiba di Desa Sarah Jaya.
Sungai Geumpang di Parakan Kondang, Kec. Mane, Kab. Pidie, Aceh. Salah satu sungai untuk Rafting yang terbaik dengan Grade 3+ hingga Grade 4, memiliki banyak jeram yang akan membuat Rafter terkejut, karena perlu ketrampilan khusus untuk melewati jeram dengan arus yang deras ini.
Sungai Alas atau lawe Alas di Desa Ketambe, Kec. Syiah Utama, Kab. Bener Meriah, Prov. Aceh Tenggara. Sungai Jambo Aye di Desa Samar Kilang, Aliran sungai Jambo Aye yang membelah Taman Nasional Gunung Leuser ini merupakan sungai paling panjang di Aceh ini memiliki gelombang air cukup tinggi hingga 2 meter, rafting sepanjang 32 Km dengan banyak kelokan tajam.
Dimulai dari Desa Ketambe dan berakhir di Desa Mbarungi ini memiliki tantangan dengan tingkat kesulitan Grade 3 hingga Grade 4. Bagi Pemula disarankan mengarungi start di Muara Situlen di Kutacane berakhir di Gelombang, sedangkan Bagi Profesional bisa start di Angusan, Blangkejeren. Aktor Leonardo Dicaprio bahkan pernah menjajal rafting di arus sungai Alas ini. Sungai ini pernah digunakan untuk Kejuaran Internasional dengan diikuti oleh Australia, New Zealand, Malaysia dll.
Anak Sungai Peusangan atau Krueng Peusangan di Jl. Atang Jungket, Desa Kayu Kul, Kec. Bies, Kab. Aceh Tengah atau Arung Jeram Lukup Badak. Arus yang cukup deras di sungai dengan Grade 2- – 3 ini memiliki beberapa jeram diantaranya Jeram Temas (Teten Masduki) yang sangat memicu adrenalin. Pengelola menawarkan 2 paket yaitu Rute Keluarga @Rp.70rb/pax dan Rute Ekstrim @Rp.120rb/pax. Referensi Operator Koperasi Wisata Alam Gayo Telp/WA 08116812336 – Pengaduan 085213330773.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here