Home Pariwisata Extreme Sport 9 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai di Kalimantan

9 Lokasi Rafting atau Arung Jeram Sungai di Kalimantan

70
0

Forpronews | Berikut ini daftar Sungai di Pulau Kalimantan yang bisa digunakan untuk kegiatan arung jeram atau rafting dan beberapa hal yang harus diperhatikan adalah persyaratan yang harus diperhatikan khususnya untuk Pemula, agar bisa mengikuti petunjuk dan arahan dari Pemandu, agar kegiatan bisa berjalan dengan benar, aman dan selamat semuanya.
Beberapa petunjuk dan informasi awal sebagai panduan sebelum melakukan rafting bisa dibaca di link disini.
Sungai Tanggi di Desa Pisak, Kec. Tujuh Belas, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat. Koordinat lokasi di 1°07’24.0″N 109°44’56.9″E. Rafting di sungai yang dijuluki sebagai “Seribu Riam” ini berarus deras ini penuh dengan tantangan jeram yang cukup ekstrim di beberapa titiknya. Rasakan hempasan arus liar sungai yang membentur tebing dan juga karakter jeramnya yang sangat menantang adrenalin kita.
Trip Pendek untuk Pemula dan Keluarga sepanjang 3Km dengan titik start di Riam Perage dan berakhir di Riam Pangar, sedangkan Trip Panjang sejauh 8Km dengan titik start di Riam Pangar hingga Lubuk Ganting di Riam Merasap. Referensi Operator Tanggi Rafting, Borneo Camping Car 628999712999
Sungai Lawa di Desa Rantau Kalis, Kec. Kalis, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Sungai berarus deras ini layaknya kita berada di hutan Amazone, letaknya di tengah hutan yang kelilingi perbukitan yang sangat mempesona dan dikenal sebagai arung jeram terbaik di Kalimantan Barat. Pohon yang tinggi menjuntai ke sungai melindungi kita dari sengatan matahari dan hujan.
Rafting disini disebut Arung Jeram Orotan Tundun Len, yang berati tempat berkumpulnya orang-orang. Namun masyarakat setempat menyebut sebagai Tetang Baro Raun yang memiliki arti kuat dan gagah. Sungai deras sepanjang 4Km ini yang digunakan sebagai ajang rafting dengan banyak tantangan jeram.
Arus deras air yang masih sangat jernih ini menawarkan Paket Trip Pendek dengan 5 jeram, Paket Trip Sedang dengan 11 jeram dan Paket Trip Panjang dengan 15 jeram. Terdapat obyek wisata Air Terjun Sungai Lawa, Air Terjun Sungai Ebak, Air Terjun Sarai Manik, Gua Lobang Angin di atas Bukit Bake, Gua Sungai Ebak.
Saksikan juga berbagai Atraksi Adat Dayak setempat yaitu Nganjan Alu, Tingkadok Baro atau Lompat Harimau, Main Kosek atau Main Batu, Main Bola Api, Menyumpit, Tombak Sasaran, Merabut panua atau Mencabut Akar dan Bermain Gasing. Referensi Operator Pokdarwis Tetang Baro Raun 081258824362.
Sungai Uluk di Desa Bungan Jaya, Kec. Putussibau Selatan, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. pintu masuk ke Kawasan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah IV Resort Nanga Bungan. Sungai disini memiliki beberapa jeram diantaranya Riam Matahari, Riam Delapan dan Riam Bakang.
Riam tersebut memiliki variasi tingkat kesulitan mulai dari Grade 2 hingga Grade 6 pada spot tersebut sangat feasible untuk dijual dalam bentuk paket wisata minat khusus, baik untuk pasar di dalam negeri maupun mancanegara. Baik untuk para pemula hingga tingkat profesional. Tahun 2014 pernah digelar Event Betung Kerihun  Extreme Rafting  yang sukses dihadiri oleh para Pengusaha Rafting  Nasional.
Kawasan TNBK ini juga sebagai salah satu hutan hujan tropis terbesar di Indonesia, yang memiliki sumber keanekaragaman hayati dari berbagai jenis flora dan fauna dimana sebagian besar merupakan spesies endemik di Kalimantan, selain itu juga sebagai sumber air Sungai Kapuas. Kita bisa menyaksikan berbagai keindahan panorama alam, air terjun, tebing jurang, gua kapur serta melihat kebudayaan Suku Dayak setempat.
Wisata Riam Pangarek di Jl. Riam Merasap, Dusun Segonde, Desa Pisank, Kec. Tujuh Belas, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat. Riam Pangarek adalah air terjun setinggi sekitar 60 meter dengan air yang jernih meluncur deras ke kolam dibawahnya yang kemudian mengalir ke sungai. Arus deras di sungai selebar 30 meter disini sangat menantang dan memicu adrenalin untuk mengadu ketangkasan melakukan manuver mengatasi tebing batuan besar dan jeram-jeram di sepanjang alirannya.
Keindahan alamnya masih alami dan belum banyak dijamah manusia. Riam Pangarek ini juga digunakan untuk ajang Kompetisi Porprov Ke-13 Kalbar pada tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalbar, Hermayani Putera. Lomba yang dipertandingkan meliputi kategori Sprint, Head to Head dan Slalom, untuk Putra, Putri dan Campuran.
Ditawarkan Paket 3Km dan paket 8Km. Referensi Operator Pangarek Rafting – Thomas 085305620104, Gusti 085753233430.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here