Home Bisnis Cara Cepat Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah Layak Minum.

Cara Cepat Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah Layak Minum.

2088
0
Foto: Pinterest
Forpronews – Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh mahluk hidup didunia ini. Air juga merupakan sumber pendukung kehidupan yang vital bagi tumbuh-tumbuhan, karena selain diperlukan untuk menjaga kelembaban tanah, juga diperlukan sebagai penghantar nutrisi hara melalui akar tanaman.
Situasi iklim global yang mengalami perubahan sehingga meningkatkan pemanasan global dengan kenaikan suhu bumi sebesar satu persen yang mengakibatkan perubahan iklim di seluruh dunia dan berimbas ke percepatan penguapan air dan mengurangi kelembaban tanah hingga menyebabkan tanah mulai mengalami kekurangan air dan menyebabkan bencana kekeringan.
Salah satu kebutuhan air bagi manusia yang utama adalah untuk mendapatkan sumber air minum yang layak konsumsi. Dalam mencari sumber air yang layak untuk minum tersebut, beberapa usaha telah banyak dilakukan dengan sistim tradisional yang juga telah dilakukan oleh masyarakat melalui berbagai metode.
Mendeteksi dengan metode menggunakan tempurung kelapa yang dibelah dua, cara ini dengan meletakkan tempurung kelapa dibeberapa titik yang diperkirakan bisa untuk mendapatkan titik sumber air, tempurung diletakkan diatas tanah pada saat malam dan keesokan pagi harinya dilihat, mana yang berembun paling banyak, maka diyakini bahwa titik ditempat tersebut bisa dijadikan sumur ataupun sumur pompa.
Mendeteksi dengan menggunakan garam, segenggam garam yang diletakkan pada beberapa titik yang diperkirakan merupakan sumber air, yang dilakukan pada malam hari, dan keesokan harinya dilihat, pada titik sebaran yang sisa garamnya terlihat paling sedikit, maka akan ditetapkan sebagai titik untuk membuat sumur atau sumur pompa.
Dengan menggunakan daun pisang yang dilakukan mirip dengan menggunakan tempurung kelapa diatas. Dilakukan pada malam hari diletakkan daun pisang dibeberapa titik sekaligus, keesokan paginya dilihat, titik yang paling banyak embun yang menempel pada daun pisang, diyakini bisa menjadi titik sumber air.
Tehnik lain menggunakan tembaga (dowsing rod), cara ini digunakan untuk mengukur getaran yang dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa menggunakan metode ini.
Sedangkan metode yang modern dengan menggunakan alat Geolistrik, alat ini sering digunakan untuk mengetahui jenis sedimen pada lapisan tanah, untuk mencari sumber air atau akuifer, banyak digunakan untuk dapat menemukan sumber air saja. Namun dalam menggunakan alat dan metode ini juga tidak merupakan jaminan untuk mendapatkan sumber air yang layak minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here