Home Pariwisata Danau -Goa-Air Terjun UNESCO Global Geopark | Geopark Gunung Sewu | Kabupaten Gunung Kidul Jogya...

UNESCO Global Geopark | Geopark Gunung Sewu | Kabupaten Gunung Kidul Jogya (1)

124
0
UNESCO Global Geopark Di Indonesia – Foto by YouTube Geowisata TV
Forpronews | Dalam rangka peningkatan Pariwisata yang berkualitas, Pemerintah telah melakukan perhatian dan pemetaan wilayah destinasi wisata secara intens dari waktu ke waktu. Potensi pariwisata khususnya yang menjadi Warisan Dunia di Indonesia yang sangat beragam dan tersebar di seluruh Indonesia layak untuk ditata agar lebih berpotensi, menarik dan nyaman untuk menjadi destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.
Perlindungan serta pelestarian Warisan Dunia ini merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dengan Kelompok Sadar Wisata, yang mengelola situs tersebut dan menjadikannya titik fokus dan daya tarik bagi wisatawan.
Di tingkat Nasional, keanekaragaman bentang alam karst, batuan, fosil, dan proses geologi yang terkait ini juga dilindungi oleh Peratutan Pemerintah No 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, diantaranya perlindungan pada Kawasan Cagar Geologi. (Klik file)   Dan Pemerintah melalui Kepmen Nomor 3045K/40/MEM/2014 (Klik file)  tentang Penetapan Kawasan Bentang Alam Karst Gunung Sewu meliputi wilayah-wilayah di Kabupaten Gunung Kidul DIY, Kab Bantul, Kab Wonogiri dan Kab Pacitan.
Simposium Geoparks Network Asia-Pasifik ke-4 di Pacific Global Network di Sanin, Kaigan, Jepang yang diselenggarakan pada tanggal 15-20 September 2015. Keputusan Rapat tanggal 19 September 2015, telah menetapkan Geopark Gunung Sewu ini dikukuhkan menjadi Gunung Sewu Unesco Global Geopark oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) yang merupakan Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berkedudukan di Paris, Perancis.
Sesuai dengan nama Gunung Sewu yang berarti “Seribu”, kawasan berbentuk conical hills ini terletak di lokasi yang berbukit-bukit dengan jumlah sekitar 40.000 bukit yang membentang dari timur ke barat sepanjang 120 kilometer dengan luas area 1.802 km persegi dan berada di 3 geoarea Kabupaten yaitu di Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan. Lokasi Gunung Sewu di koordinat S08°02’38”, E110°46’34”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here