Home Teknologi Kesehatan Glutathione sebagai Master Antioksidan Tubuh

Glutathione sebagai Master Antioksidan Tubuh

76
0
Forpronews | Glutathione merupakan master dari semua antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Ada banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.
Glutathione (GSH) diproduksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Zat yang bersifat antioksidan ini terbentuk dari 3 jenis asam amino, yaitu L-cysteineglycine, dan L-glutamate. Selain dihasilkan secara alami oleh tubuh, glutathione juga bisa diperoleh dari makanan tertentu atau suplemen.

 

Glutathione ini berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan, membuat bahan kimia dan protein yang dibutuhkan dalam tubuh, dan memiliki fungsi pada sistem kekebalan tubuh. Glutathione terdiri dari kelompok kimia belerang yang lengket. Sekelompok glutathione akan mengumpulkan semua molekul berbahaya (radikal bebas) yang berkeliaran di tubuh Anda dan kemudian menetralisirnya. Setelah menghilangkan radikal bebas ini dari tubuh Anda, memulihkan sistem kekebalan dengan energi tambahan.
Glutathione memainkan peran penting dalam pertahanan antioksidan, metabolisme nutrisi, dan pengaturan peristiwa seluler (termasuk ekspresi gen, sintesis DNA dan protein, proliferasi sel dan apoptosis, transduksi sinyal, produksi sitokin dan respons imun, dan glutathionylation protein).
Glutathione yang diproduksi oleh tubuh akan mencapai puncaknya disaat usia sekitar 20 tahun, dan setiap 10 tahun produksinya akan menurun sekitar 10-15%, bayangkan saat usia kita 50 tahun maka tingkat produksi hanya sekitar 55%, sehingga bila kadar glutathione dalam tubuh tidak ditingkatkan kembali, maka proses degeneratif jelas terjadi lebih cepat, tubuh menjadi lebih lemah, mulai sering merasakan nyeri sendi dll.
Antioksidan ini selain memiliki berbagai manfaat untuk tubuh yang termasuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat glutathione di antaranya adalah mampu melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel tubuh. Hal ini membuat glutathione sering dijadikan sebagai bahan produk perawatan kulit.
Glutathione merupakan antioksidan kuat dengan anti-melanogenik tambahan yang dikenal sebagai pencerah kulit sistemik. Glutathione adalah jenis thiol-triopeptida dengan berat molekul rendah untuk mempertahankan keseimbangan redox. Beberapa data penelitian yang ada memberikan hasil yang cukup baik dan aman terkait penggunaan glutathione oral dan topikal.
Saat ini diketahui bahwa pemberian glutathione IV (intra-vena) sudah disetujui untuk digunakan pada kelainan sistemik seperti alcoholic fatty liver, alcoholic liver fibrosis, alcoholic liver cirrhosis, dan alkoholic hepatitis.              
ilustrasi
Walaupun masih sedikit bukti-bukti yang meyakinkan mengenai penggunaan glutathione untuk terapi hiperpigmentasi dan masih banyak kontroversi terkait penggunaannya, beberapa data penelitian yang ada memberikan hasil yang cukup baik dan aman terkait penggunaan glutathione oral dan topikal. Penggunaan glutathione secara IV juga bermanfaat untuk memperbaiki warna kulit atau pigmentasi berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here