Home Material Ubinkayu Indonesia Sukses Menembus Pasar Asia dan Uni Eropa

Ubinkayu Indonesia Sukses Menembus Pasar Asia dan Uni Eropa

1003
0
Forpronews – Berdasarkan data Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK, hasil pemantauan hutan Indonesia Tahun 2019, menunjukkan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 94,1 juta ha atau 50,1% dari total daratan.
“Dari jumlah tersebut, 92,3% dari total luas berhutan atau 86,9 juta ha, berada di dalam kawasan hutan,” kata Direktur Jenderal PKTL Sigit Hardwinarto. (Sumber Kementerian LHK 23 April 2020)
Sedangkan menurut data dari Kementerian LHK tahun 2017, prosentase penutupan lahan di dalam kawasan hutan terhadap luas daratan di setiap provinsi di Indonesia adalah sebagai berikut;
Dan pada penutupan lahan berhutan di dalam Kawasan per Pulau/Kepulauan sesuai data yang dikutip adalah sebagai berikut;
Sedangkan jenis-jenis kayu yang dihasilkan dari hutan Indonesia memiliki ragam yang cukup banyak sehingga ada pameo bahwa Indonesia merupakan penghasil berbagai jenis kayu, yang kelas kayunya diakui oleh dunia. Iklim dan tanah yang subur serta berada di khatulistiwa dengan hanya memiliki dua musim saja, membuat pertumbuhan berbagai vegetasi didalam hutan tumbuh dengan subur.
Dari beberapa jenis kayu yang tercatat, 16 diantaranya merupakan yang banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang perkayuan, diantaranya kayu jati, meranti, merbau, albasia, cendana, ulin, eboni, trembesi, bangkirai, kamper, sonokeling, sungkai, pinus dan cemara, kelapa, mahoni dan kayu aren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here