Home Properti Berita Manfaat Petir Bagi Kehidupan Semesta

Manfaat Petir Bagi Kehidupan Semesta

127
0
Forpronews | Petir merupakan proses atau fenomena alam yang dapat terjadi dimanapun juga, khususnya di Indonesia yang hanya memiliki dua musim saja. Petir muncul dalam bentuk kilatan putih yang berwana sangat terang menyilaukan dan sering kali diiringi dengan suara bergemuruh yang menggelar, sehingga seringkali mengagetkan dan menakutkan baik bagi manusia maupun binatang sekalipun.
Sambaran petir seringkali juga dapat menimbulkan baik korban jiwa manusia, pohon, rumah maupun benda eletronik lainnya, baik yang berada di dalam rumah maupun di luar rumah.
Petir ini dapat berlangsung secara beriringan dengan jeda waktu yang pendek, sedangkan suara gemuruh yang mengirinya baru terdengar menyusul karena perbedaan kecepatan cahaya yang mencapai 300.000 km per detik sedangkan kecepatan suara hanya mencapai 343 meter/detik.
Petir juga merupakan sebuah simbol kekuatan energi listrik dari alam yang berupa seperti sebuah kondensator raksasa dari banyak kumpulan awan yang memuat lempeng positif dan negatif sebagai lempeng pertama, sedangkan bumi merupakan lempeng kedua yang bersifat sebagai lempeng normal. Dan ini merupakan seperti kapasitor yang dapat menyimpan energi sesaat.
Zat Ozon yang berfungsi juga untuk melindungi semua mahluk hidup yang berada di bumi dari sengatan radiasi ultraviolet dari matahari yang mengalir bersama dengan sinar matahari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here