Home Agro & Budidaya Konservasi Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

Terumbu Karang | Manfaat – Jenis – Pelestarian & Ekosistemnya

96
0
Terumbu di Jawa Timur – Foto KKP
Terumbu itu terbentuk dari endapan-endapan masif kalsium karbonat atau CaCO3. Ini dihasilkan oleh organisme-organisme karang pembentuk terumbu (karang hermatipik) dari filum Cnidaria, ordo Scleractinia yang hidup bersimbiosis dengan zooxantellae, dan ada sedikit tambahan dari algae berkapur serta organisme lain yang menyekresi kalsium karbonat.
Karang pembentuk terumbu ini atau disebut juga karang hermatipik hidup dengan cara koloni, tiap individu karang yang disebut polip menempati mangkuk kecil yang dinamakan koralit. Tiap mangkuk koralit memiliki beberapa septa yang tajam dan memiliki bentuk seperti daun yang tumbuh keluar dari dasar koralit. Septa ini merupakan dasar dalam penentuan spesies karang.
Tiap polip ialah hewan yang berkulit ganda, dimana kulit luar yang dinamakan epidermis dipisahkan oleh lapisan jaringan mati (mesoglea) dari kulit dalamnya yang disebut gastrodermis.
Di dalam gastrodermis terdapat tumbuhan renik bersel tunggal yang disebut zooxantellae dan hidup bersimbiosis dengan polip. Zooxantellae bisa menghasilkan bahan organik melalui proses fotosintesis yang kemudian disekresikan sebagian ke dalam usus polip sebagai panganan.
Terumbu karang merupakan ekosistem yang sangat rentan terhadap perubahan iklim terutama perubahan suhu dan salinitas. Hanya saja tekanan yang dialaminya akan semakin meningkat seiring dengan penambahan jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat di wilayah pesisir pantai.
Pada dasarnya, terumbu karang merupakan habitat bagi para spesies laut untuk melakukan aktivitas peneluran, perawatan dan pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama untuk sejumlah spesies yang bernilai ekonomis tinggi.
Karena banyak spesies biota laut yang dapat ditemukan pada terumbu karang, maka ekosistem ini dijadikan sebagai rumah atau gudang bagi keanekaragaman hayati laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here