Home Nasional Kunci Sukses Eksport di Sektor Perikanan

Kunci Sukses Eksport di Sektor Perikanan

902
0
Forpronews – Eksport hasil laut adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan seksama, hal ini mungkin dianggap menyulitkan bagi banyak orang, karena harus memenuhi beberapa kritera serta tahapan proses mulai dari awal hingga siap eksport. Dan dengan kita memahami persyaratan, tahapan dan prosesnya, maka hal tersebut akan sangat mendukung dan memudahkan persiapan kita untuk menjual produk kita keluar negeri dengan lancar dan aman.
Ada beberapa tahapan khususnya pada sektor perikanan, baik dengan sistim budidaya akuakultur, karamba hingga ke penangkapan dari laut lepas. Untuk itu semoga tulisan ini dapat membantu menambah informasi dalam memahami dan mempersiapkan segala hal yang dipersyaratkan, dan harus diingat bahwa negara si pembeli diluar negeri yang mensyaratkan tentang sistim penanganan untuk eksport yang benar dan aman, dan hal tersebut diatur dalam beberapa step verifikasi hingga sertifikasi.
Salah satu persyaratan tersebut adalah Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yaitu suatu sistim kontrol jaminan mutu yang didasarkan pada kesadaran atau pemahaman bahwa hazard (bahaya) dapat timbul dari berbagai titik atau tahap proses produksi atau penanganan tertentu, tetapi hal tersebut dapat dilakukan pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut.
Faktor utama HACCP adalah antisipasi bahaya dan identifikasi titik-titik pengawasan yang mengutamakan kepada tindakan pencegahan dari pada mengandalkan kepada pengujian produk akhir. Sistim HACCP ini bukan merupakan sistim jaminan keamanan yang zero risk atau tanpa resiko, tetapi dirancang untuk meminimalisir resiko bahaya keamanan pangan khususnya di sektor perikanan.
HACCP dapat diterapkan dalam rantai produksi perikanan mulai dari penanganan dari laut, perlakuan hasil tangkapan dalam kondisi hidup, perlakuan hasil tangkapan dalam kondisi beku, berapa derajat yang dipersyaratkan dan untuk jangka waktu berapa lama bisa diproses dari laut hingga ke tempat penanganan proses lanjutan.
Hal ini karena HACCP dikenal sebagai sistim keamanan pangan yang efektif, maka dengan menerapkan HACCP secara konsisten dan konsekuen, maka akan memberikan jaminan kepercayaan kepada pelanggan baik didalam dan diluar negeri, selain memberikan kesan yang baik dan bertanggung jawab, serta jaminan proses produksi yang terkontrol secara profesional dan berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here