Home Bisnis Printing & Packaging Tips Sukses Ekspor | Memahami Fungsi Kemasan & Persyaratan Lain untuk Ekspor

Tips Sukses Ekspor | Memahami Fungsi Kemasan & Persyaratan Lain untuk Ekspor

64
0
Forpronews | Memilih kemasan yang tepat untuk produk kering atau basah dapat mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk, serta perlu juga untuk memastikan keamanan dan keawetannya selama transportasi dan penyimpanan.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih kemasan yang baik dan benar:
Pertimbangkan jenis produk – Jenis produk yang akan dikemas, sangat penting dalam memilih kemasan yang tepat. Produk kering, seperti beras atau kacang, memerlukan kemasan yang kuat dan tahan lama untuk mencegah kebocoran dan kerusakan. Produk basah, seperti daging atau ikan, memerlukan kemasan yang kedap air dan tahan terhadap kelembaban.
Pertimbangkan lingkungan pengemasan Lingkungan di mana produk dikemas juga harus dipertimbangkan. Misalnya, jika produk akan disimpan di lingkungan yang lembap, kemasan yang tahan terhadap kelembaban harus dipilih untuk mencegah produk menjadi basah dan rusak.
Pertimbangkan masa simpan produk – Masa simpan produk juga harus dipertimbangkan dalam memilih kemasan. Produk yang memiliki masa simpan yang panjang, seperti makanan kaleng, memerlukan kemasan yang tahan terhadap oksidasi dan udara agar produk tidak rusak atau teroksidasi.
Pertimbangkan keamanan dan kenyamanan penggunaan – Kemasan juga harus aman digunakan dan mudah dibuka. Pertimbangkan apakah produk akan dikemas dalam kemasan sekali pakai atau kemasan yang dapat digunakan berulang kali. Pastikan kemasan memiliki tutup yang rapat dan aman sehingga produk tidak terkontaminasi.
Pertimbangkan ukuran dan desain kemasan – Ukuran dan desain kemasan juga penting untuk dipertimbangkan. Kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengurangi kenyamanan penggunaan dan meningkatkan biaya pengiriman. Desain kemasan yang menarik dan eye-catching dapat membantu produk Anda menonjol pada rak display di toko dan akan meningkatkan penjualan.
Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih kemasan yang tepat untuk produk kering atau basah yang dibutuhkan. Pastikan untuk melakukan tes terhadap kemasan sebelum produk Anda dikirim ke pasar untuk memastikan kualitas dan keamanannya.
Bagaimana cara menentukan Kemasan multi layer yang tepat untuk suatu produk ?

Kemasan multilayer atau kemasan dengan beberapa lapisan adalah kemasan yang terdiri dari beberapa lapisan bahan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan ekstra yang lebih baik dan lebih lama pada produk yang dikemas di dalamnya. Namun, memilih kemasan multilayer yang tepat dapat menjadi tantangan karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan.
Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan pilihan yang tepat menggunakan kemasan multilayer:
Pertimbangkan jenis produk dan kebutuhan perlindungan – Jenis produk yang akan dikemas dan kebutuhan perlindungan produk sangat penting dalam memilih kemasan multilayer yang tepat. Misalnya, produk makanan basah memerlukan kemasan yang tahan air dan kedap udara, sementara produk makanan kering memerlukan kemasan yang tahan terhadap kelembapan dan kebocoran. Selain itu, pertimbangkan faktor seperti masa simpan, suhu penyimpanan, dan risiko kontaminasi.
Pertimbangkan biaya dan efisiensi produksi – Kemasan multilayer biasanya lebih mahal daripada kemasan tunggal, jadi pastikan untuk mempertimbangkan biaya produksi dan biaya pengiriman. Selain itu, pastikan kemasan multilayer mudah diisi dan dikemas, sehingga tidak memakan waktu yang banyak dalam proses produksi.
Pertimbangkan kemudahan daur ulang – Kemasan multilayer yang terbuat dari bahan yang sulit didaur ulang, dapat memiliki dampak buruk pada lingkungan. Pastikan kemasan multilayer yang dipilih mudah didaur ulang dan ramah lingkungan.
Lakukan pengujian kemasan – Sebelum memilih kemasan multilayer, lakukan pengujian untuk memastikan kemasan memberikan perlindungan yang tepat untuk produk Anda. Tes kekuatan kemasan, ketahanan terhadap kelembapan, dan ketahanan terhadap udara untuk memastikan kemasan dapat menjaga produk dalam kondisi yang baik selama transportasi dan penyimpanan.
Konsultasikan dengan produsen kemasan – Jika Anda masih bingung memilih kemasan multilayer yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan produsen kemasan. Mereka dapat membantu Anda menentukan kemasan multilayer yang tepat untuk produk Anda berdasarkan jenis produk, kebutuhan perlindungan, biaya produksi, dan faktor lainnya.
Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan melakukan pengujian kemasan yang tepat, Anda dapat menentukan pilihan yang tepat dalam menggunakan kemasan multilayer untuk produk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here