Home Pariwisata Extreme Sport Gunung Bongkok | Ajang Uji Nyali Panjat Tebing di Purwakarta Jawa Barat

Gunung Bongkok | Ajang Uji Nyali Panjat Tebing di Purwakarta Jawa Barat

76
0
Ilustrasi Rock Climbing – Foto touaregadventure.com
Forpronews | Gunung Bongkok adalah gunung setinggi 975 meter yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Parang di Purwakarta, tepatnya di Desa Cikandang, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Purwakarta 41165. Gunung ini juga merupakan salah satu tujuan favorit pecinta olahraga panjat tebing di Indonesia.
Gunung dengan batuan andesit ini belum banyak dikenal oleh pecinta panjat tebing baik dari Indonesia maupun mancanegara. Menurut Humas Gunung Bongkok, Bapak Dicky Setiawan, Tebing Bongkok ini memiliki 3 jalur panjat yaitu Batu Topi, Vertical Nightmare dan Batu Wayang. Untuk mencapai titik pemanjatan ada yang harus trekking dulu, yaitu jalur Vertical Nightmare, kita harus trekking dahulu keatas hingga di ketinggian 500 meter melewati hutan bambu, perjalanan menanjak juga cukup licin hingga sampai di titik pemanjatan di tebing batu. Pengelola juga menyiapkan beberapa jenis paket panjat tebing baik untuk tingkat pemula hingga profesional.
Tantangan pada Tebing Bongkok ini selain pada tebing dengan batuan andesit, lebar dinding tebingnya berkisar 25-27 meter, dengan ketinggian tebing yang dipanjat hanya sekitar 40 meter, namun faktor tingkat kesulitan yang cukup tinggi akan memerlukan ketrampilan khusus dan cukup menguras tenaga para pemanjat tebing yang sudah menjajal di track Tebing Bongkok.
Ada beberapa jalur untuk mempraktekkan berbagai jenis teknik pemanjatan seperti sport climbing, bouldering, top rope climbing, lead climbing dan artificial climbing. Dan untuk para climber juga harus mempersiapkan diri dengan peralatan yang lengkap mengingat jalur disini pada bebatuan yang nyaris rata dengan sedikit lekukan yang bisa dipakai untuk tumpuan kaki. Disarankan selain membawa Chalk, juga perlu membawa bubuk magnesium untuk menjaga tangan tetap kering dari keringat.
Untuk melalui jalur top rope climbing, pemanjat mudah untuk melakukan panjatan ke atas karena selain tali pengaman yang sudah terpasang, sudah ada pijakan kaki dari besi yang tertancap di tebingnya dan Anda tinggal memijakkan kaki ke dinding sambil menjaga keseimbangan badan saja untuk naik keatas.  Pada jalur Welcome terdapat jalur bouldering dengan tinggi sekitar 4 meter, pemanjat bisa melalui celah atau cacat tebing untuk naik keatas.
Bagi yang telah mahir bisa mencoba jalur Sons of Bongkok (SOB), tapi jalur ini tergolong ekstrim ya, meski tidak memiliki jalur yang tidak panjang, dengan ketinggian yang hanya sekitar 5-7 meter, namun titik awal pemanjatan berada di titik yang langsung di tepi jurang dan faktor kesulitan yang pasti akan menguras tenaga.
Pemandangan dari atas tebing Bongkok ini juga sangat menakjubkan, kita bisa melihat Waduk Jatiluhur, Gunung Lembu, Gunung Parang Waduk Jatiluhur, Air Mancur Sri Baduga, Sungai Citarum, Bukit kehijauan dan hamparan sawah disekitarnya dan laut lepas yang tampak di kejauhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here