Home Bisnis Arang Briket Kelapa dari Indonesia Merajai Dunia

Arang Briket Kelapa dari Indonesia Merajai Dunia

948
0
Foto: Shutterstock
Forpronews – Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar didunia, dengan areal tanaman sekitar 3,88 juta hektar dan produksi sekitar 3,2 juta ton setara kopra. Kelapa juga dapat tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia dan tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk pertumbuhannya.
Banyak produk industri yang dapat dihasilkan dari pengolahan kelapa, antara lain cocochemical, cocofiber, minyak goreng kelapa, virgin coconut oil, desicated coconut, nata decoco, arang aktif, briket arang dll. Untuk produk turunan di Indonesia baru memiliki 18 jenis produk dan masih kalah dengan Filipina yang sudah memproses menjadi 35 produk turunan.
Sedangkan Indonesia memang di anugerahi selain dengan kekayaan alam yang melimpah, juga plasma nutfah yg beragam jenisnya, dan khususnya pada pohon kelapa di Indonesia ini memiliki ragam varietas yang banyak, namun yang masuk dalam bibit unggul diantaranya Kelapa Genjah Kuning Bali (GKB), Kelapa Genjah Kuning Nias (GKN), Kelapa Genjah Salak (GSK), Kelapa Dalam Takoma (DTE), Kelapa Dalam Sawarna (DSA), Kelapa dalam Palu (DPU), Kelapa Dalam Tenga (DTA), Kelapa Dalam Bali (DBI), Kelapa Dalam Mapanget (DMT), Kelapa Dalam Kima Atas (DKA), Kelapa Dalam Rennel (DRL), Kelapa Dalam Lubuk Pakam (DLP), Kelapa Dalam Banyuwangi (DBG).
Semua varietas unggul tersebut merupakan jenis kelapa dari Indonesia yang merupakan yang terbaik didunia, kualitasnya jauh diatas dibandingkan kelapa yang tumbuh di Filipina, Thailand, India dll. Namun yang disayangkan dengan luas lahan yang jauh lebih besar dan varietas unggul yang banyak, Indonesia belum bisa menghasilkan produk turunan dari kelapa yang bisa mengalahkan Filipina dan India.
Perawatan yang hampir tidak ada untuk pertumbuhan pohon kelapa ini, pohon kelapa juga merupakan benteng untuk menahan abrasi laut di pantai serta juga merupakan sumber air minum darurat yang banyak dijumpai hampir di seluruh pelosok di Indonesia. Air kelapa juga merupakan minuman segar yang mengandung elektrolit yang juga berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh, sehingga kita akan merasakan kesegaran tubuh setelah meminum air kelapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here