Home Pariwisata Extreme Sport Tebing Citatah | Panjat Tebing Legendaris di Jawa barat

Tebing Citatah | Panjat Tebing Legendaris di Jawa barat

73
0
Tebing Citatah Padalarang – Foto by IG@ervanrustandi
Forpronews | Tebing Citatah merupakan kawasan tebing yang terletak di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, 5 km dari Kota Padalarang. Kawasan berbukit kapur ini juga sebagai lokasi pertambangan kapur yang produktif sejak pertengahan abad 19 yang lalu. Wilayah ini juga merupakan situs prasejarah jaman Miosen 20-30 juta tahun lalu, sejak ditemukannya jejak peninggalan arkeologi di Gua pawon pada 9 Desember 2000, berupa peralatan dari batu dan tulang, gerabah, sisa tulang belulang dan gigi hewan. Kawasan ini telah ditetapkan sebagai Geopark Rajamandala pada tahun 2020.
Terdapat 3 lokasi tebing, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Dan untuk melakukan kegiatan panjat tebing khususnya di lokasi Tebing Citatah 48, diharuskan mendapatkan Ijin terlebih dahulu dari Kopassus melalui Pusat Pendidikan Latihan Khusus (Pusdipassus) di Batu Jajar, Bandung Barat. Permohonan ijin harap diajukan minimal 1 (satu) bulan karena akan melalui proses persetujuan yang berjenjang. Sedang untuk pemanjatan Tebing di Citatah 90 dan Citatah 125, dapat mengajukan perijinan melalui Ketua RT dan Pengurus setempat. Kawasan ini dikenal juga sebagai Bukit Rock Climbing yang dibuka mulai pukul 05.00 – 18.00 WIB.
Tebing Citatah 48 – Terletak di Jalan Pamucatan Raya, Bandung. Memiliki ketinggian tebing sekitar 40-50 meter, tebing ini memiliki nama resmi sebagai Gunung Manik. Tebing batuan karst disini memiliki 25 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Pada bagian puncaknya terdapat tugu yang berbentuk pisau belati yang tertancap dan menjadi ciri khas dari Tebing Citatah 48. Kontak Person di 085794115815.
Momen persiapan pengibaran Sang Saka di Tebing Citatah 90 – Foto IG@harry.prasetiyo
Tebing Citatah 90 – Terletak di daerah Padalarang, Bandung Barat. Tebing batuan karst disini memiliki ketinggian sekitar 90 meter, dan memiliki nama resmi yaitu Gunung Pabeasa. Tebing Citatah 90 atau Karang Pengantin ini memiliki permukaan yang agak rapuh dan menjadi lokasi penambangan dan pengolahan batu karst. Lokasi pemanjatan disini terdapat 4-5 jalur dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dibandingkan dengan tebing lainnya. Kontak Person di 082219728392.
Hammock di Puncak Tebing Citatah 125 – Foto IG@hb.adventure.
Tebing Citatah 125 – Merupakan gunung kapur tertinggi di daerah Citatah, dan disebut sebagai Gunung Singgalang. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini juga merupakan Pusat Pendidikan untuk sekolah panjat tebing. Kawasan tebing dari batuan andesit dan batuan granit ini, menjadi ajang pemanjatan tebing baik bagi Pemula hingga Tingkat Profesional yang terbagi menjadi beberapa tingkatan. Terdapat Jalur Hanoman dan Jalur Elang yang masing-masing memiliki jalur dan karakteristik kesulitan yang berbeda. Kontak Person di 082217801309.
Fasilitas yang tersedia disini mulai dari Hammock, Persewaan Alat Panjat Tebing seperti tali webbing, helm untuk keselamatan, dan Pemandu Panjat Tebing untuk mendampingi kegiatan panjat tebing, mengawasi serta mengarahkan untuk faktor keselamatan bersama. Setelah usai pemanjatan maka terdapat fasilitas Tempat Istirahat sederhana dan warung di sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here