Home Pariwisata Extreme Sport Wisata, Trekking & Olahraga Panjat Tebing | Lembah Harau di 50 Kota...

Wisata, Trekking & Olahraga Panjat Tebing | Lembah Harau di 50 Kota – Sumatera Barat

60
0
Bangunan Ikonik bergaya Eropa di Kampung Sarosah, Lembah Harau – Foto FB Bambang Eryudhawan.
Forpronews | Lembah Harau, berjarak 138 km dari Kota Padang dan 171 km dari Kota Pekanbaru, berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Kawasan berbukit dengan tebing-tebing granit dengan ketinggian 150 hingga 500 meter ini terletak di lokasi yang tenang dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona, salah satu sorga yang tersembunyi di Sumatera Barat yang menjadi obyek wisata, cocok bagi keluarga maupun penggemar olahraga Panjat Tebing khususnya.
Lembah Harau ini disebut juga sebagai Lembah Yosemite di Indonesia. Lembah Yosemite merupakan sebuah Taman Nasional yang indah yang terletak di Sierra Nevada California. Terdapat beberapa Air Terjun  seperti Sarsah Bunta, Sarsah Ale Luluih, dan Sarsah Murai.
Kawasan Cagar Alam berupa lembah seluas 669 hektar ini juga memiliki Air Terjun Lembah Anai dengan intensitas curahan air yang deras dari tebing setinggi 400 meter dengan muara mata air Gunung Singgalang. Kawasan wisata alam nya seluas 11,2 hektar, yang terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu Resort Aka Baraya, Resort Sarasah dan Resort Rimbo Piobang.
Lokasi wisata favorit adalah Kampung Eropa dengan miniatur landmark  ala Eropa seperti Eiffel Tower, I am sterdam dll. Selain dapat menikmati keindahan air terjun disini, spot foto dengan miniatur landmark Eropa tersebut, Anda juga dapat mengabadikan panorama alamnya yang sangat eksotik menawan, momen saat sunset akan menjadi momen yang paling banyak dinanti untuk diabadikan.
Lokasi wisata kedua adalah Lembah Gema, dengan papan nama “Echo”, dimana bila kita teriak di lokasi tersebut maka suara kita akan bergema ke seluruh bukit di sekitarnya.
Keindahan Lembah Harau – Foto@gadihbujang_pyk
Lokasi wisata menarik berikutnya adalah di “Harau Valley” yang merupakan kawasan pedesaan yang asri alami dengan lingkungan alami, sungai dengan air jernih mengalir, kebun, ternak dengan latar panorama tebing yang granit yang tinggi. Seringkali kita masih menjumpai binatang liar seperti tupai, kera dan hewan lainnya yang nampak berkeliaran.
Jembatan Layang Kelok 9 – Foto by pegi-pegi.
Keunikan lainnya adalah ikon infrastruktur Jembatan Kelok 9 yang berdiri kokoh diatas jalan Kelok 9 yang lama, lokasi ini bisa diabadikan dengan baik, banyak fotographer profesional disini yang bisa membantu menunjukkan spot foto yang menawan. Disekitarnya juga banyak warung tempat makan minum untuk dapat menikmati kuliner hingga kopi khas Sumatera yang nikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here