Home Agro & Budidaya Blue Carbon Penangkal Efek Rumah Kaca

Blue Carbon Penangkal Efek Rumah Kaca

118
0
Kerusakan Ekosistem Laut | Laut dapat menyerap emisi karbon dioksida hingga 40 persen. Namun, semakin tinggi kadar CO2 yang diserap oleh laut, kondisi laut pun akan semakin asam. Tingginya kadar keasaman dan peningkatan suhu air laut akan merusak terumbu karang atau coral bleaching.
Perlu diingat bahwa terumbu karang memegang peranan penting dalam ekosistem laut, yaitu sebagai sarang bagi ikan-ikan kecil dan plankton. Minimnya jumlah ikan kecil dan plankton tentu akan mengganggu rantai makanan bagi makhluk hidup laut lainnya.
Blue Carbon bagi Ekosistem Laut | Di Indonesia, blue carbon tersebar di ekosistem pesisir seperti hutan mangrove, hutan bakau, padang lamun dan lahan gambut di kawasan pesisir. Luasnya hutan mangrove yang Indonesia miliki menjadi potensi besar bagi tempat penyerapan CO2 dari atmosfer kemudian disimpan dan diubah dalam bentuk biomassa tubuh.
Manfaat Blue Carbon Secara umum seharusnya dapat dipahami bahwa segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia tentu akan menghasilkan residu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seluruh makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan, yang secara alamiah akan menghasilkan karbon dan secara alamiah pula karbon tersebut akan diserap oleh tumbuh-tumbuhan dan binatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here