Home Agro & Budidaya Blue Carbon Penangkal Efek Rumah Kaca

Blue Carbon Penangkal Efek Rumah Kaca

118
0
Dampak Emisi Karbon | Tingginya kadar karbon dioksida, terutama emisi karbon yang dihasilkan oleh industri dan aktivitas manusia, telah memberikan sejumlah dampak signifikan terhadap lingkungan. Kandungan karbon dioksida dalam emisi yang terperangkap di atmosfer menyebabkan peningkatan suhu di muka bumi. Berikut ini beberapa dampak dari peningkatan suhu bumi akibat emisi karbon.
Mencairnya Es di Kutub | Meningkatnya suhu di bumi telah menyebabkan beberapa bagian lapisan es di kutub yang mencair. UNDP menyatakan bahwa lapisan es di laut Artik telah berkurang jauh sejak tahun 1979, dengan kecepatan sebesar 1.07 juta km2 setiap dekade. Mencairnya es di kutub juga menyebabkan kenaikan permukaan air laut.
Kekeringan dan Kekurangan Air Bersih | Peningkatan suhu bumi juga mengakibatkan perubahan iklim (menjadi lebih panas). Perubahan iklim drastis ini dapat mengurangi sumber air bersih, sebab permukaan air laut naik dan mengakibatkan kekeringan di daratan.
Bencana Alam | Perubahan iklim akan menyebabkan cuaca ekstrim, yang dapat berujung pada bencana alam. Banjir, angin topan, dan tsunami adalah beberapa dampak destruktif akibat perubahan iklim tersebut. FAO (Food & Agriculture Organization) melaporkan bahwa saat ini jumlah bencana alam terjadi 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan yang terjadi pada periode tahun 1970-an dan 1980-an.
Perubahan pada Rantai Makanan | Sektor pertanian menyerap sekitar 63% dari dampak bencana alam, menurut FAO, dibandingkan dengan sektor-sektor lain, seperti pariwisata, perdagangan dan industri. Hal ini berakibat mengganggu ketersediaan sumber pangan manusia. Pasalnya, banyaknya jumlah tanaman produksi yang rusak akibat dari cuaca yang tidak menentu, juga mengakibatkan menurunnya jumlah pasokan bahan pangan.
Kesehatan dan Penyebaran Penyakit | Kenaikan suhu bumi juga memperluas wilayah tropis di bumi. Perluasan ini pun akan turut mempermudah penyebaran penyakit-penyakit tropis ke wilayah sub-tropis, seperti malaria dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here