Home Agro & Budidaya Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

815
0
Bioplastik edible dan ramah lingkungan dari rumput laut juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk pengganti kertas dan kertas laminasi untuk pembungkus makanan, dan produk ini juga telah mengantungi Serifikat Halal pada tahun 2014.
Untuk memperkenalkan produk-produk yang di produksi oleh PT Seaweedtama Biopac Indonesia di wilayah Tangerang ini, ada beberapa varian produk yang dapat di aplikasikan sebagai pengganti kertas dan kertas laminasi, meskipun sebenarnya juga aman untuk di konsumsi, tetapi faktor kebiasaan, budaya dan untuk memperkenalkan hal tersebut memerlukan waktu yang panjang dan kadang menimbulkan polemik tersendiri.
Biopac® ini selain memiliki keunggulan dan sekaligus kelemahan. Dalam hal produk maka setelah menjadi sampah hanya memerlukan waktu sekitar 5-7 hari untuk terurai di alam terbuka. Sedangkan untuk saat ini, dari sisi kelemahan adalah tidak bisa sebagai pembungkus makanan yang panasnya melebihi dari 800C.
Untuk itu telah dilakukan penelitian lanjutan oleh Noryawati dengan intensif untuk dapat meningkatkan kemampuannya terhadap panas, dalam menjawab tantangan dan permintaan pasar.
Biopac® di produksi dalam bentuk lembaran ukuran 65×95 cm dan 35×95 cm dengan ketebalan 100 micron, untuk ketebalan dibawah atau diatas dari standar produksi, bisa dilayani dalam jumlah tertentu dan dilakukan uji coba aplikasi terlebih dahulu.
Jenis ini sangat cocok untuk pembungkus makanan cemilan kecil seperti dodol, permen ataupun kue jajan pasar. Yang perlu diperhatikan adalah untuk menghindari terkena air secara langsung dalam jangka yang cukup lama, karena kemasan ini bisa larut dalam air hanya dalam waktu 5 menit saja, namun terhadap kelembaban udara kemasan ini bisa bertahan dengan aman, ini membuktikan bahwa kemasan ini bersifat ramah lingkungan dan mudah terurai ke alam bebas.
Jenis produk lainnya adalah Cup Kopi atau Mangkuk sekali pakai yang sangat cocok untuk digunakan pada Coffee Shop, Café, Restaurant siap saji, Take away hingga Catering.
Selain itu Biopac® juga siap melayani permintaan eksport, karena produk yang ramah lingkungan ini, sudah ada permintaan dari pasar Jepang, Korea, Eropa Barat dan Rusia. Pesanan dengan nama usaha juga siap dilayani oleh Biopac®
Kemasan ini diproduksi dalam 3 warna standar, yaitu original (coklat), peach, dan hijau. Untuk memperoleh kemasan berwarna peach dan hijau, ditambahkan pewarna makanan yang sudah disertifikasi halal, dan tetap aman untuk dikonsumsi. Selain ketiga warna standard, Biopac® juga dapat diproduksi dalam warna lain sesuai permintaan pelanggan.
Biopac® juga dapat diberi logo menggunakan tinta edible untuk printing. Selain aman, Biopac® juga memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa produk ramah lingkungan ini adalah realitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

 

Penulis : Gunsu 17082020

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here