Home Agro & Budidaya Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

815
0
Dr Noryawati Mulyono S.Si
Penelitian yang dilakukan oleh Ibu Noryawati sejak tahun 2011 terhadap berbagai  jenis rumput laut indigenous Indonesia, dipadukan dengan penelitian yang sudah dilakukan lebih dulu sejak 2010 tentang biomaterial potensial sebagai bahan pembuatan bioplastik, telah menghasilkan produk bioplastik yang telah yang memasuki skala komersial dan didaftarkan merek dagangnya sebagai Biopac®.
Teknologi proses pembuatan bioplastik juga telah dipatenkan pada tahun 2011 dan 2012.  Selain itu, Noryawati juga mendaftarkan produk lain dari rumput laut, yaitu Cangkang Kapsul. Selain 3 paten tersebut yang telah mendapatkan sertifikatnya, beliau juga masih mempunyai 2 permohonan paten yang didaftarkan tahun 2019 untuk Fleksibel Packaging dan Semi Rigid Packaging.
Berikut link berita yang dikutip dari Youtube Channel, disini.
Noryawati juga merupakan salah satu pemenang runner up pada ajang Diplomat Success Challenge Season 3 pada tahun 2012, suatu ajang tahunan yang diadakan oleh Wismilak Group Surabaya, untuk mencari ide bisnis yang brilian, layak untuk di expose dan diperkenalkan ke masyarakat.
Saat itu Noryawati mempresentasikan tentang kemasan pada bumbu-bumbu mie instant, sehingga tidak usah membuka lagi, tinggal memasukkan ke kuah panas atau diaduk bersama mie yang panas, akan larut sempurna dan aman untuk dikonsumsi. Hal ini sangat signifikan untuk menggantikan kemasan plastik dan metalized pada bumbu mie yang limbahnya tidak dapat terurai, jumlahnya sangat banyak, dan juga tidak dapat digunakan lagi. .
Berbagai penghargaan lain juga diperolehnya, antara lain For Women in Science dari PT L’Oreal Indonesia untuk kategori Ilmu Material, Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa sebagai inventor dari Kemenkumham RI, Ristekdikti, Indonesian Toray Science Foundation, dan Openideo the Circular Design Challenge.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here