Home Agro & Budidaya Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

815
0
Rumput laut jenis Ulva atau yang dikenal juga sebagai selada laut merupakan jenis rumput laut yang tersebar secara luas di sepanjang pantai di seluruh dunia, namun sayangnya belum dapat dimanfaatkan oleh industri dalam skala besar. Rumput laut ini dapat tumbuh mencapai 400 mm, bentuknya mirip selada, berwarna hijau terang sampai tua.
Rumput laut jenis Gelidium atau Gelidium sp. merupakan jenis komoditas rumput laut yang banyak diminati di dalam dan luar negeri, bahkan ada juga spesies yang hanya terdapat di Indonesia dan diberi nama Gelidium indonesianum. Panjang sekitar 20 cm dan lebar 1,5 mm. Berwarna merah, coklat, hijau-coklat. Banyak di budidayakan di Kepulauan Seribu, Kepulauan Riau, Lombok, Sulawesi, Maluku dan Papua. Jenis ini digunakan sebagai campuran Gracilaria dalam pembuatan tepung agar-agar untuk memperbaiki kekuatan pembentukan gel dari agar-agar.
Rumput laut jenis Sargassum dan Turbinaria berwarna coklat dengan bentuk talus silindris atau gepeng. Rumput laut ini masih sedikit permintaannya sehingga belum dibudidayakan meskipun dapat diolah sebagai bahan baku tepung alginat, yaitu hidrokoloid yang banyak dibutuhkan oleh industri tekstil, pangan, kosmetik, dan farmasi. Tepung alginate, yang umumnya digunakan dalam bentuk garam natriumnya, berfungsi menurunkan berat badan dan mencegah sejumlah penyakit.
Rumput laut jenis Hypnea memiliki cabang berwarna coklat atau kehijauan dan sepanjang thalus terdapat rambut-rambut halus. Sering dimanfaatkan yang dikenal sebagai karagenan untuk bahan baku industri.
Rumput laut jenis Nori merupakan jenis rumput laut yang paling terkenal untuk di konsumsi, berasal dari jenis Porphyra yang dikeringkan menjadi bentuk lembaran. Nori ini menjadi salah satu makanan pokok oleh masyarakat di Jepang, sebagai pembungkus sushi, onigiri dll.
Rumput laut jenis Kombu atau Lamanaria japonica banyak di budidayakan di Asia Timur seperti Jepang, Korea dan Tiongkok. Jenis ini juga bisa diolah menjadi kaldu atau dimakan bersama sayuran atau daging.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here