Home Agro & Budidaya Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

Kemasan Dari Rumput Laut Yang Aman Bagi Lingkungan Hidup

815
0
Salah satu peneliti, ilmuwan dan mantan dosen di Unika Atma Jaya ini, menjawab tantangan itu dengan melakukan penilitian hingga uji coba serta sampai melangkah ke dalam pasar komersial. Dr. Noryawati Mulyono, S.Si., bersama timnya berhasil memperkenalkan kemasan menggunakan bahan baku rumput laut ke dunia internasional melalui ajang kompetisi Open Ideo Circular Design Challenge.
Indonesia sendiri memiliki banyak jenis rumput laut yang tersedia baik di laut bebas, tetapi pada budidaya rumput laut tercatat sekitar 9 genus yang lebih banyak dikenal. Jenis-jenis itu adalah Eucheuma, Ulva, Gelidium, Gracilaria, Sargassum, Turbinaria, Caulerpa, Hypnea, dan Halymenia. Dan dari 9 genus tersebut, yang sudah digunakan oleh industri besar hanya Eucheuma, Gracilaria, dan Gelidium.
Rumput laut jenis Eucheuma cottonii atau yang sering disebut rumput laut jelly sering digunakan dalam campuran es buah. Rumput laut ini berwarna coklat, merah atau hijau, berbentuk silindris dengan cabang yang tidak beraturan, dan banyak di budidayakan di Lampung, Kepulauan Riau, Kepulauan Seribu, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Lembongan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur.
Setelah dipanen, untuk memberikan kesan bersih dan higienis, rumput laut ini sering diputihkan dengan proses pemucatan. Selain dimakan langsung, jenis ini juga diolah menjadi karagenan, dodol, hingga bahan kosmetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here