Home Teknologi Digital Cara Cepat Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah Layak Minum.

Cara Cepat Menentukan Titik Sumber Mata Air Tanah Layak Minum.

2369
0
Semua metode diatas yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat secara luas hingga ke para pengusaha dari berbagi bidang usaha. Biaya untuk menemukan titik air dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, selain itu juga masih harus mengurus Surat Ijin Pengeboran Air Tanah.
Berikut ini beberapa peraturan yang perlu diketahui sehubungan dengan rencana pemanfaatan air tanah yaitu peratauran perundang-undangan yang mengatur tentang pemanfaatan air tanah seperti Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1974 tentang Pengairan (download), Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2008 tentang Air Tanah (download). Juga Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 Tentang Pengusahaan Sumber Daya Air (download). Peraturan Menteri ESDM RI Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pedoman Penetapan Zona Konservasi Air Tanah (download). Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pengairan (download).
Peraturan perundang-undangan tersebut adalah produk hukum yang telah diundangkan oleh Pemerintah Pusat dan Kementerian, sementara itu masih ada lagi beberapa peraturan lain ditingkat Pemerintah Daerah.
Secara epistemologi, akuifer merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata aqui atau aqua, yang bermakna air, dan kata ferre, yang berarti membawa. Menurut beberapa ahli pengertian akuifer adalah lapisan tanah yang memiliki kandungan air yang mengalir melalui ronga-rongan udara kedalam bawah tanah (Herlambang, 1996).
Selain itu, berdasarkan sifat batuan terhadap air, akuifer adalah lapisan batuan jernih air di bawah permukaan tanah yang dapat menyimpan dan meneruskan air dalam kuantitas yang mencukupi dan ekonomis.
Menurut ilmu tanah, akuifer adalah lapisan tanah pembawa air yang memiliki daya ekonomis dalam mengalirkan atau merembaskan air ke dalam tanah. Sistim dan klasifikasi akuifer dapat dibedakan kedalam beberapa jenis akuifer.
Akuifer bebas, atau unconfined aquifer. Akuifer yang lapisan pembatasnya hanya pada bagian bawah saja dan tidak ada lagi sekat dengan lapisan atasnya, yaitu pada muka air tanah.
Akuifer tertekan, atau confined aquifer. Akuifer yang pembatas pada lapisan atas dan bawahnya merupakan pembatas yang tidak tembus air sehingga menyebabkan air muncul di atas formasi tertekan pada bagian bawahnya sehingga akuifer ini terisi penuh oleh air tanah.
Akuifer semi tertekan, atau leaky aquifer. Akuifer yang memiliki air yang jenuh dan dibatasi oleh lapisan atas berupa akuitard dan lapisan bawah yang merupakan akuiklud. Jenis akuifer ini merupakan jenis akuifer yang sempurna karena pada lapisan atas dibatasi oleh lapisan semi-lolos air dan lapisan bagian bawah adalah lapisan lolos air atau semi-lolos air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here