Home Agro & Budidaya Arang Briket Kelapa dari Indonesia Merajai Dunia

Arang Briket Kelapa dari Indonesia Merajai Dunia

1130
0
Dengan menggunakan coconut charcoal ini, maka kita juga telah ikut mengurangi penebangan kayu dan perusakan hutan, secara matematika untuk 1 M3 kayu hanya menghasilkan 90 kg arang kayu. Jika dalam 1 Ha ada 400 pohon kayu dan menghasilkan 180 ton arang kayu, dan jika setiap Indonesia mengeksport 10.000 ton coconut charcoal, maka setiap bulan kita telah melindungi 55 Ha hutan dari kepunahan, sungguh fantastis. Padahal eksport coconut charcoal dengan HS Code 4402 ini menurut data dari Kementerian Pertanian 2019 mencapai 188 ribu Ton, maka Indonesia telah dapat menyelamatkan sekitar 10.340.000 Ha hutan kayu.
Potensi kelapa Indonesia sebagai produsen nomer 1 dunia perlu dimanfaatkan dengan memperkuat hilirisasi dalam menghasilkan produk-produk turunan kelapa yang dapat memberikan nilai tambah langsung ke petani serta memperluas akses pasarnya. Saat ini produk coconut charcoal telah merambah hampir seluruh dunia dan menjadikan Indonesia di peringkat satu sebagai produsen coconut charcoal terbesar dan terbaik di kelasnya.
Masih banyak produk turunan dari kelapa yang sebenarnya masih bisa dikembangkan dengan serius, mengingat Indonesia baru memiliki 18 produk turunan saja, sehingga potensi nilai tambah baik dari kelapa maupun dari limbah biomassa yang sangat besar ini, masih berpeluang sangat besar dan terbuka untuk dikembangkan lebih lanjut, dimana seratus persen bahan baku lokal yang memiliki nilai tambah yang jauh lebih besar daripada menjual butiran kelapa yang sekarang baru marak terjadi.
Usaha dibidang coconut charcoal ini sungguh menakjubkan, ditengah pandemi Covid 19 yang masih belum pulih, ternyata permintaan pasar justru meningkat sangat tajam, tidak terpengaruh pasar ataupun resesi sama sekali. Hal ini menjadi sinyal yang sangat positif bagi pengusaha dibidang produksi coconut charcoal lainnya, sehingga dapat ikut menjaga kestabilan perekonomian ditingkat desa khususnya terhadap para petani.
Berikut ini adalah beberapa jenis produk yang dihasilkan oleh PT Tom Cococha Indonesia.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi email sales@tomindonesia.com
Untuk pemasaran lokal dan export dapat juga menghubungi Forprobiz di wa.me/628996988057 atau email forprobiz@gmail.com.

Penulis : Gunsu 18072020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here