Home Agro & Budidaya Pasar Buah Hidroponik Yang Sehat Merambah Indonesia

Pasar Buah Hidroponik Yang Sehat Merambah Indonesia

943
0
Kondisi tersebut justru membuka peluang besar bagi buah-buahan lokal untuk dapat mengisi pasar, menggantikan posisi buah impor. Buah-buahan lokal musiman seperti manggis, duku, alpukat, buah naga, jeruk saat ini sedang panen. Bahkan buah-buahan semusim seperti pisang, jambu biji, pepaya, salak, semangka dan melon terus berbuah sepanjang tahun sehingga ketersediaan buah-buah lokal secara umum dapat mengisi permintaan pasar lokal.
Saat ini buah-buahan yang mengalami lonjakan permintaan pasar diantaranya jambu biji, jeruk, lemon, melon dan alpukat. Peluang pasar yang bagus ini perlu ditindaklanjuti dengan budidaya yang lebih baik lagi dimasa mendatang, agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh para petani buah-buahan nusantara. Dengan prospek pasar juga sudah sangat bagus bahkan mampu bersaing dengan buah-buahan impor, maka momentum ini patut digunakan sebagai kebangkitan buah nusantara menguasai pasar buah domestik.
Dan menjawab peluang tersebut, tampil seorang milenial yang serius menggarap dan fokus pada bidang pertanian, khususnya budidaya buah melon. Adalah Stefanus Rangga Santoso, milenial lulusan Interior Design dari Raffles University Singapore ini yang berani mendobrak sistim dan tatanan didunia pertanian pada umumnya, dengan mendirikan Laguna Green House di Jalan Lingkar Barat, desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Penggunaan metode Green House ini adalah pilihan terakhir setelah mencoba dengan sistim konvensional dengan hasil yang kurang memuaskan, kemudian green house dinding bambu dengan tingkat kesulitan yang berbeda, meski hasil meningkat, tapi serangga pengganggu tanaman masih bisa masuk kedalam, sehingga cukup merepotkan dalam hal pembasmian serangga dll.
Dibawah bendera usaha CV Santoso Agro, Rangga kemudian serius menekuni dalam mempersiapkan Green House besutannya dengan menggarap budidaya melon sistim hidroponik dengan teknologi Computerized Drip Irrigation, yaitu sistim pemberian air dan pupuk yang telah terkontrol, baik kadar dan kualitas air, jenis pupuk dengan unsur hara yang telah ditentukan jumlahnya, dan di distribusikan melalui pipa-pipa saluran air dengan nutrisi hara yang terkontrol tersebut ke seluruh tanaman yang ada dengan dikontrol melalui komputer, dalam jumlah yang sama untuk seluruh tanaman, sehingga bisa diatur tentang kebutuhan jumlah nutrisi dan siklus aliran dalam satu hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here