Home Digital Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

912
0
Ada beberapa perangkat lunak untuk teknologi imersif ini seperti : Vuforia – Deliver (AR innovation with the market-leading Vuforia platform); Kudan ARArtificial Perception technologies; Wikitude location based, marker or markerless AR experience. Program-program tersebut khusus hanya untuk para Programmer.
Dan untuk non programmers: ada program BlippbuilderTranform packaging, ads, magazines, posters dll.; HP RevealAdding value to printed content through visual interactivity.

 

SketchUp
Pada program untuk 3-D, saat ini ada beberapa program arsitektur seperti Autocad 3D, Sketchup, Style Builder, Layout 2020 dan Lumion yang juga dapat menghasilkan efek 3-D dengan rendering yang sangat halus, dan juga dapat digunakan sebagai data pendukung presentasi. Program ini sekarang sudah banyak digunakan oleh kalangan arsitektur maupun designer, baik untuk membuat rencana mulai bentuk sketsa hingga design jadi, bentuk model bangunan, fasilitas sosial dan umum, design ruangan hingga menghitung kebutuhan bahan baku konstruksi secara detail.
Dan untuk scanner 3D, juga telah hadir program Kinect Body Tracking SDK, Artec 3D, Orbec Astra, Creaform 3D dengan produknya Go Scan 3D, Handy Scan 3D, Metra Scan 3D. Kalau kisaran harga silahkan searching aja di marketplace, yang jelas lumayan juga sih.
Nah sekarang kita membahas apa fungsinya bagi dunia properti, seperti telah dijelaskan dengan ulasan diatas bahwa teknologi imersif ini akan semakin berkembang secara pesat, karena bila biasanya untuk  mempresentasikan suatu bentuk mockup bentuk bangunan dengan detail-detail pembagian ruang, taman, jalan dan lain sebagainya kita harus membuat maket miniature, maka dengan menggunakan teknologi imersif ini dapat dihasilkan hasil yang jauh lebih detail, lebih cepat dan penampilannya sudah seperti aslinya. Kita dapat melihat presentasinya cukup dengan menggunakan Head Mounted Display (HMD).
Selain dari pada itu dengan adanya pandemic Covid 19 ini mau tidak mau juga telah merubah gaya hidup, pola marketing, komunikasi dengan klien, presentasi online dan lain sebagainya. Dan salah satu alternatif untuk marketing tools yang paling menjanjikan adalah dengan menggunakan teknologi Virtual Reality, karena calon konsumen bisa melihat secara virtual tour tentang properti yang ingin dilihat atau diminatinya, tanpa harus memasuki kedalamnya, karena juga mungkin terkendala waktu, tempat serta untuk menghemat waktu. Tantangan berikutnya adalah apakah kita telah siap untuk belajar teknologi ini?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here