Home Teknologi Digital Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

1068
0

 

Augmented Reality
Augmented Reality (AR) adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif, waktu yang nyata dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Untuk mengetahui demo AR bisa saksikan videonya disini.
Beberapa jenis teknologi AR adalah Marker-Based Augmented Reality, Markerless Augmented Reality, Projection Based Augmented Reality, dan Superimposition Based Augmented Reality.

 

Marker Based AR
Marker-based AR menggunakan kamera dan beberapa jenis penanda visual, seperti kode QR Code/2D. Teknologi ini akan menghasilkan output hanya Ketika marker discan oleh pembacanya. Pola sederhana seperti QR Code ini digunakan sebagai marker karena dapat dengan mudah dikenali dan tidak memerlukan banyak effort untuk membacanya.

 

 

Markerless AR
Markerless AR menggunakan GPS, kompas digital, pengukur kecepatan atau akselerometer yang tertanam pada perangkat untuk menyediakan data berdasarkan lokasi. Kekuatan dibalik teknologi Markerless AR adalah ketersediaan fitur pendeteksian.

 

 

 

Projection Based AR
Projection based AR bekerja dengan cara memproyeksikan cahaya buatan ke permukaan riil. Teknologi ini memungkinkan manusia dengan mengirimkan cahaya ke permukaan riil dan kemudian merasakan interkasi manusia (sentuhan) dari cahaya yang diproyeksikan.

 

 

Superimposition Based AR
Superimposition based AR mampu mengganti Sebagian atau seluruh tampilan asli dari suatu obyek dengan pandangan yang baru dan ditambah dengan pandangan yang baru dan ditambah dari obyek yang sama. Contoh AR berbasis superimposisi dapat ditemukan dalam katalog IKEA.

 

 

 

Mixed Reality
Mixed Reality (MR), sesuai Namanya merupakan penggabungan antar VR dan AR. MR menyatukan dunia nyata dan digital. MR memungkinkan Anda melihat dan membenamkan diri Anda dalam dunia sekitar bahkan berinterkasi dengan lingkungan virtual menggunakan tangan Anda sendiri, semua tanpa melepas headset.

 

 

 

Teleprensi
Teleprensi adalah seperangkat teknologi yang memungkinkan seseorang seolah-olah hadir, ada atau berpengaruh pada lokasi yang berbeda. Saat ini sudah sering digunakan pada acara wisuda khususnya di masa pandemi Covid 19 ini.

 

 

 

Hologram
Hologram adalah produk dari teknologi holografi, terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan atau adegan.

 

 

 

Holografi
Holografi adalah Teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan  kemudian direkonstruksi sehingga menjadi obyek, seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. Gambar dapat berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistim pandangan dalam cara yang sama seperti saat obyek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here