Home Teknologi Digital Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

Teknologi Imersif Bagi Dunia Properti

1068
0

 

Pada dunia media TV, teknologi imersif juga sudah mulai digunakan untuk memadukan garis virtual dan set sesungguhnya. Namun pemirsa tidak dapat melihat langsung ketika aplikasi ini digunakan, saat on air atau tayangan tengah berjalan, presenter hanya melihat ruang kosong di depannya.
Dengan arahan tim grafis, presenter bisa tahu apa yang tengah ditampilkan, sehingga ia bisa menerangkan dengan tepat sesuai grafis yang tengah muncul di tayangan. CNN Indonesia telah menggunakan teknologi ini sejak 2016, juga Metro TV, Trans TV, RCTI dll.
Teknologi imersif juga digunakan pada dunia film seperti pada film The Matrix yang menimbulkan banyak pertanyaan tentang apa yang mungkin terjadi jika kita tidak mampu membedakan antara dunia nyata dengan dunia digital.

 

Film The Ready Player One
Teknologi imersif merupakan teknologi yang mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau dunia simulasi, sehingga penggunanya bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata. Teknologi ini juga meniru atau memperluas dunia fisik kita melalui simulasi digital untuk memberi kita rasa menyatu dengan lingkungannya.
Teknologi imersif ini meliputi beberapa jenis yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mixed Reality (MR), Teleprensi dan Hologram. Yang seringkali membuat banyak orang awam bingung untuk  membedakan, khususnya antara VR dan AR.
Virtual Reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan yang hanya dalam imajinasi. VR sepenuhnya mengisolasi seseorang dari dunia fisik dan dikelilingi oleh konten digital sambil dapat berinteraksi dengan dunia sintetis.

 

 

Alat sederhana
HTC Vive
Perangkat yang diperlukan adalah Head Mounted Display (HMD). HMD ini sendiri terbagi menjadi 2 kategori yaitu dengan menggunakan smartphone dan peralatan eksternal lain dengan  performa yang tinggi. Untuk mengetahui demo video dengan VR bisa lihat videonya disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here