Home Bisnis Pemanfaatan lahan untuk Budidaya Udang Vanamei

Pemanfaatan lahan untuk Budidaya Udang Vanamei

1151
0
Berikut ini Analisa Usaha yang disampaikan oleh narasumber ibu Aryani Rahmawati, sebagai salah satu usaha yang dijalankannya di Lombok. Dan untuk mencapai hasil yang terbaik, maka perlu didukung oleh seluruh stakeholder yang terlibat, dengan sarana prasarana dan akua-input yang memadai, dioperasikan oleh SDM yang terlatih dalam manajerial yang benar dan disiplin dalam menjalankan SOP, serta jujur dan ikhlas dalam bekerja.

Dalam era digital 4.0 ini, sudah saatnya untuk adanya suatu platform digital yang dapat digunakan oleh para petambak maupun pedagang hingga ke tingkat eksport, sehingga akan menjadikan suatu kolaborasi yang sehat antara supply dan demand dalam kaitannya ke bisnis, dan juga Kementerian KKP dapat memberikan input serta arahan untiuk perkembangan kedepannya, sektor perbankan juga bisa ikut masuk dan mendukung pertumbuhan dengan melalui sistim digital payment.
Sistim digital ini akan ikut mendukung program pemerintah dalam menyediakan “jaringan bigdata” yang akan mudah diakses oleh lintas Kementerian dalam melakukan koordinasi dan komunikasi, sehingga kedepannya akan menjadi suatu solusi bisnis yang saling menguntungkan antara Pemerintah dan pelaku bisnis secara berkelanjutan.
Dan juga dengan perkembangan ekonomi pasca Covid 19 dimana banyak terjadi PHK di seluruh Indonesia, maka ini juga merupakan suatau kesempatan kerja untuk mereka yang siap untuk beralih ke sektor usaha tambak ini, mengingat lahan yang belum produktif masih sangat banyak, Pemerintah juga sudah bersiap untuk  membantu support pendanaan, jadi selanjutnya tinggal mempersiapkan langkah kerja kedepan, bisa juga bergabung ke Komunitas Shrimp Club Indonesia, yang dipimpin oleh Bapak Iwan Sutanto selaku Ketua Umum dan Ir. Hardi Pitoyo selaku Ketua Harian, untuk dapat mulai mempelajari aspek teknis dan bisnisnya. Atau dapat juga menghubungi alamat kantor di Jl. KH. Agus Salim Nomor 92 – Banyuwangi, Jawa Timur. Telepon: (0333) 423070. Email: sci2005@yahoo.com
Mumbulsari Aquaculture – Dusun Mekarsari, Desa mumbulsari, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara.
Tampak diatas foto dari udara, pada pola pengembangan salah satu tambak di Lombok Utara yang dibangun secara bertahap hingga ke skala yang lebih besar, dibangun sejak 2014 dan setiap tahunnya melakukan pembangunan lahan baru hingga tahun 2019.

 

Penulis : Gunsu 16062020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here