Home Agro & Budidaya Hari Laut Sedunia 8 Juni 2020 : Target Inovasi Pengelolaan Laut

Hari Laut Sedunia 8 Juni 2020 : Target Inovasi Pengelolaan Laut

853
0

 

Ikan Kakatua atau Parrot Fish
Dalam kaitan Hari Laut Sedunia dan Hari Segitiga karang Dunia, maka kita juga perlu mendapatkan satu referensi tentang salah satu jenis ikan laut yang dalam aktifitasnya sehari-hari sebagai penjaga dan pengelola karang laut, ikan yang dikenal sebagai Ikan Kakatua (Parrot Fish) dari Kingdom : Animalia; Filum : Chordata; Class : Actinoperygii; Superclass : Osteichthyes; Ordo : Perciformes; UpaOrdo : Labroidei; Famili : Scaridae; Genus : Scarus; Spesies : Scarus sp.
Ikan Kakatua ini merupakan kelompok besar spesies ikan laut yang termasuk jenis ikan demersal dan bersifat herbivor yang menghuni di perairan dangkal tropis dan subtropis di kedalaman sekitar 30 meter di seluruh dunia, terutama di terumbu karang, pantai karang dan padang lamun, dan berperan penting dalam kelimpahan spesies terbesar dijumpai di perairan Indo-Pasifik.
Selain merupakan spesies yang indah, cantik dan mampu mengubah warna, bentuk dan bahkan jenis kelamin, ikan kakatua (parrotfish) ini juga memainkan peranan penting di dalam memberikan pasir yang diperlukan untuk membangun dan menjaga kelangsungan hidup terumbu karang, karena memiliki gigi yang dapat digunakan untuk mengikis dan memakan alga yang hidup di terumbu karang dan kotorannya sering membentuk pasir laut.
Mengapa peranannya penting bagi terumbu karang? Karena ia memakan alga yang banyak tumbuh di terumbu karang sehingga akan mengendalikan populasi alga yang berlebih di terumbu karang yang dapat menyebabkan kematian terumbu karang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here