Home Agro & Budidaya Hari Laut Sedunia 8 Juni 2020 : Target Inovasi Pengelolaan Laut

Hari Laut Sedunia 8 Juni 2020 : Target Inovasi Pengelolaan Laut

858
0
Diving di Pulau Kapoposang – Foto : Observer
Diskusi juga dilanjutkan dari program-program yang dijalankan lembaga mitra yang mendampingi warga di kawasan segitiga karang ini. Victor Nikijuluw, dari Conservation International menggunakan istilah adopsi seascape di ketiga ecoregion lokasi kegiatannya. Targetnya kemandirian lokal, kesejahteraan sosial (pendapatan, keadilan, dan lainnya), dan kesehatan lingkungan (biodiversitas, produktivitas ekosistem, dan lainnya). Harus ada pemberdayaan dan transfer ke komunitas lokal. Strategi kemitraan dengan lokasi program dilakukan dengan penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas SDM, dan membangun perilaku konservasi.
Bagi Indonesia sendiri, Hari Laut Sedunia ini relevan diperingati mengingat fakta bahwa Indonesia adalah negara maritim. Dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), luas lautan Indonesia mencapai 3,25 juta kilometer persegi dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,55 juta kilometer persegi. Luasnya lautan Indonesia ini melebihi luas daratan yakni 2,01 juta kilometer persegi.
Dengan lautan yang luas, biota laut Indonesia juga melimpah. Sebut saja gugusan terumbu karang yang luasnya di seluruh wilayah perairan Indonesia mencapai 50.875 kilometer persegi. Luasan tersebut menyebar di 34 provinsi dan sebagian di antaranya ada yang masuk dalam wilayah pengelolaan kawasan konservasi laut dan menyumbang 18 persen dari luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here