Home Properti Berita Mengenal apa itu Green Building

Mengenal apa itu Green Building

613
0
Green building merupakan konsep pembangunan yang berbasis pada keseimbangan alam. Jika kita menerapkan konsep tersebut maka pertumbuhan manusia akan selaras dengan pembangunan yang seimbang dengan alam yang menjamin kehidupan generasi mendatang.
Diperkirakan bahwa pada tahun 2050 nanti, konsumsi energi global akan meningkat dua kali lipat. Karenanya produksi listrik juga meningkat luar biasa seraya melepas CO2 yang merupakan kontribusi terbesar sebagai gas rumah kaca. Selama kurun waktu ratusan ribu tahun yang lalu konsentrasi CO2 di atmosfir hampir konstan pada tingkat 230ppm, namun sejak revolusi industri pada abad 18, meningkat tajam dan saat ini berada pada level 400ppm hanya dalam kurun 150 tahun.
Ini mengakibatkan kenaikan suhu global bumi sebesar 1oC. Kalau pola konsumsi energi masih seperti sekarang, maka pada tahun 2050, suhu global meningkat menjadi 2oC, dan itu akan mengakibatkan es di kutub mencair, menyebabkan kenaikan permukaan laut yang akan menenggelamkan banyak daerah seperti Manhattan di New York, kota Shanghai, dan delta sungai Mekhong .
Mari kita simak yang dikatakan oleh Al Gore, mantan Wakil Presiden dan penerima hadiah Nobel untuk lingkungan : “Kita tidak mewariskan bumi ini dari nenek moyang kita, tapi kita meminjamnya dari anak cucu kita”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here