Home Properti Berita Prediksi Pertumbuhan Properti di Tahun 2021

Prediksi Pertumbuhan Properti di Tahun 2021

639
0
Pembangunan jalan, jalan tol, pelabuhan hingga bandar udara meningkatkan konektifitas sehingga bisnis properti lebih bergulir. “Pembangunan infrastruktur menggairahkan bisnis properti. Semoga pada periode kedua pemerintahan Jokowi perhatian pada infrastruktur terus berlanjut,” kata dia.
Di sisi regulasi atau kebijakan pemerintah, tambah Agung, perlu mempercepat proses perizinan pembangunan properti, terutama di tingkat pemerintah daerah. Perizinan yang mudah dan cepat ikut mendongkrak bisnis properti. “Proses perizinan yang saat ini cenderung lamban, harus lebih dipercepat. Regulasi lain yang perlu diperhatikan pemerintahan baru mendatang adalah soal kepemilikan asing,” ujarnya.
Dalam pandangan Agung, pasar properti asing cukup potensial. Hanya saja perlu ditopang oleh kepastian hukum, salah satunya terkait dengan hak guna bangunan (HGB). “Kalau belum bisa 90 tahun seperti negara tetangga, sebaiknya diberikan langsung 50 tahun, lalu bisa diperpanjang untuk 30 tahun lagi,” tutur dia. Agung menilai, masuknya pembeli asing akan menambah jumlah uang beredar di dalam negeri.
Tambahan uang itu memperbesar kue yang diperebutkan oleh para pemain properti di dalam negeri. “Kami membidik pembeli asing untuk proyek di Batam, Bandung, dan Karawang. Di Karawang, banyak ekspatriat dari Asia, khususnya Jepang dan Korea, sedangkan di Bandung, ada peluang pembeli asal Malaysia,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here