Home Pariwisata Diving & Snorkeling Pesona Ubur-ubur jinak di Danau Kakaban Kalimantan Timur

Pesona Ubur-ubur jinak di Danau Kakaban Kalimantan Timur

986
0
Cerita simbiosis ini sangat menarik. Ubur-ubur Pulau Kakaban, menempatkan algae pada bagian kakinya, karena ganggang berkepentingan untuk mendapatkan matahari sebagai sarana melakukan fotosistesa, sang ubur-ubur akhirnya berjalan terbalik, dengan kaki ke atas dan kepala ke bawah. Cara berjalan yang unik inilah yang menarik para ilmuwan dan para penyelam untuk mengetahui evolusi terhadap fauna laut yang pada akhirnya berperilaku aneh, demi mempertahankan hidup mereka. Catatan para penyelam juga memberikan gambaran, hewan-hewan yang ada di danau ini mempunyai cahaya lebih berwarna warni ketika hari semakin gelap. Diduga, pada danau ini nantinya akan banyak dijumpai jenis-jenis baru.
Hanya ada dua di dunia
Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya.
Selain itu di pinggiran pantainya juga tumbuh hutan bakau, yang dihuni oleh banyak jenis kepiting, teripang, dan ular laut. Banyak sekali jenis-jenis hewan yang belum diidentifikasi di kawasan ini. Dr. Thomas Tomascik, seorang ahli kelautan berkebangsaan Kanada, mengatakan Pulau Kakaban merupakan salah satu surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia. Misteri bagaimana hewan dan tumbuhan yang terisolasi dalam danau ini merupakan salah satu objek yang sangat diminati oleh para ilmuwan untuk dapat diselidiki lebih lanjut. Karena itu laut disini memang layak dan pantas menjadi objek konsevasi alam yang harusnya dilindungi dan dilestarikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here